Apabila Anda mempunyai anak laki-laki yang kadang terlihat hendak mengintip rok teman perempuannya, tak perlu cemas. Menurut Dosen Fakultas Psikologi Unair, Nur Ainy Fardana Nawangsari SPsi MSi, anak berperilaku begitu karena rasa ingin tahu.

Karena itu orang tua tak perlu memarahi anaknya. Mungkin saja si bocah laki-laki berbuat begitu karena belum pernah melihat alat kelamin perempuan dan tidak tahu perbedaan perempuan dan laki-laki.

Dalam kasus ini, si Ibu bisa mulai memperkenalkan organ kelamin wanita kepada si kecil. Dengan cara menunjukkan persamaan dan perbedaannya.

Selain pengenalan yang halus, orang tua juga disarankan untuk mendidik anaknya dengan cara yang cerdas. Katakan bila Anda mengerti bahwa si kecil ingin tahu apa yang ada di dalam rok temannya, dan katakan bahwa perilaku tersebut tidak sopan.

Sebab itu merupakan sesuatu yang sangat pribadi dan tidak sembarangan orang boleh melihatnya. Karena itu, tubuh harus ditutup dengan pakaian yang pantas.

Jika Anda memilih teguran dan kemarahan, tidak akan menjawab keingintahuan si anak. Bahkan bisa berbahaya, sebab di kemudian hari, tatkala ia dewasa, dia akan mencari tahu melalui cara lain yang mungkin tidak benar. Contoh: Melihat video porno.

Pada usia 4-5 tahun, rasa ingin tahu anak sangat tinggi. Dan anak laki-laki lebih ekspresif mengungkapkan rasa ingin tahunya daripada anak perempuan. maka jadilah ibu yang bisa membimbing anak anda agar kelak dia bisa tumbuh menjadi anak yang sopan dan santun yang tidak dimiliki ke banyakan anak muda sekarang ini.